Sebagai sumber daya, peran baterai sangat vital untuk menunjang aktivitas berponsel. Baterai habis(lowbat) disaat penting sangat menjengkelkan, bahkan sangat merugikan kita dikala berpergian kita lupa bawa charger.
Untungnya tekhnologi baterai sekarang sudah lebih maju dari sebelumnya. Tekhnologi baterai yang digunakan saat ini adalah Lithium Ion dan Lithium Polymer yang lebih awet dan memiliki kemampuan menyimpan daya listrik yang lebih besar.

Meski begitu, perkembangan baterai pun dibarengi dengan hadirnya seabreg fitur yang boros baterai. Misalnya kamera yang makin canggih, alat navigasi GPS, pemutar musik, pemutar video, jaringan UMTS/HSDPA dan sebagainya. Ini mempercepat habisnya baterai.


Tapi anehnya, banyak orang menganggap ponselnya bermasalah karena baterainya cepat habis. Padahal belum tentu begitu. Nah sebelum anda berkesimpulan seperti itu, coba perhatikan fitur apa sajakah yang sering anda gunakan sehari-hari.

>Di sini saya akan urutkan fitur apa saja yang boros baterai.
1. GPS
GPS merupakan fitur utama yang paling boros daya karena GPS receiver bila terputus akan melakukan pencarian sinyal dengan internet via 3g atau gprs. Yang berarti ada dua fitur yang digunakan sekaligus.
2. Browsing & Komunikasi Suara
Browsing dan Komunikasi Suara sama-sama membutuhkan daya yang besar. Untuk itu, ponsel memiliki fitur pendamping dalam menelpon seperti ringkasan/durasi panggilan. Ini supaya anda bisa prepare kapan waktu membutuhkan komunikasi yang bersifat urgent.
3. Wifi & Bluetooth
Browsing internet dengan wifi sangat menyenangkan apalagi di tempat gratisan alias hotspot. Tetapi ini juga fitur boros baterai. Begitu juga bluetooth, untuk itu jangan lupa menonaktifkannya bila tidak perlu.
4. Radio & Pemutar Musik/Video
Radio dan pemutar musik memang tak sebesar menggunakan kamera tetapi jika fitur ini sering digunakan tetap akan memakan daya yang lebih besar. Selain itu game juga mempengaruhi waktu standby baterai.

>Solusi :
1. Persingkat waktu pengecasan
    maksudnya adalah jangan terlalu lama membiarkan hp tercas, walaupun setelah baterai penuh akan stop charging. tapi bila keseringan akan membuat umur baterai berkurang. 
2. Hindari gonta ganti sim
    bila terlalu sering mengganti kartu sim/simcard. akan memaksa ponsel  untuk melakukan start up / booting yg notabene lebih dari pada menguras baterai.
3. Matikan vibrator dan lampu latar
    supaya kerja ponsel tidak terlalu banyak dalam menerima panggilan, sedangkan mematikan lampu latar agar sewaktu kita tidak menggunakan ponsel tersebut. ponsel tersebut dapat stand by dalam jangka waktu yang lebih lama.
4. Hindari penggunaan fitur yang tidak perlu
    gunakan yang perlu saja,untuk optimalisasi baterai.
5. Hindari ponsel dari bentukan & percikan air
    agar tidak merusak komponen-komponen dalam baterai.
6. Pastikan anda dimode GSM
    ketahuilah, UMTS mode itu sangat boros dibandingkan GSM dalam waktu stand by.
7. Jangan biarkan baterai habis
    agar baterai tidak dipaksa untuk menarik daya listrik masuk kedalam baterai yang mengakibatkan umur bateri berkurang sedikit demi sedikit.

Demikian pembahasan saya kali ini, semoga dapat membantu.

SUMBER : TABLOID PULSA

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar yang baik. Spam akan di hapus..