Low Level Format



 


 
Apa itu Low Level Format??....
Suatu Proses memformat dan mencari bad sector dimana keadaan suatu hard disk yang mulai sering mengalami error suatu menghidupkan/booting OS.
Tapi disini saya melakukan tes pada Flash Disk karena, saya pikir hard disk saya masih sehat :D
Tapi sebelumnya saya sudah melakukannya di Hard disk Laptop saya yang waktu dulu itu terkena bad partition dikarenakan gagalnya proses mempartisi dengan software partition magic.


 

Langkah pertama
Download software nya disini : http://www.mediafire.com/?6kanorrxclmdl7p

 
Langkah kedua
Instal seperti biasa di direktori default aja.

 
Langkah ketiga
Buka software tersebut, lalu pilih Hard disk yang mau di perbaiki dari bad sector.

 
Langkah keempat
Klik pada tab low level format dan silahkan klik "FORMAT THIS DEVICE". Tunggu sampai proses selesai.. biasanya selesai dalam waktu yang cukup lama tergantung kapasitas hard disk tersebut. Pengalaman saya sih format hard disk 320GB itu makan waktu bisa 6 jam lebih :D

 
Langkah kelima
Setelah proses scan bad sector selesai. Maka saat nya untuk memformat hard disk.

 

 

 
Perlu diingat.. dalam proses ini:
  • Jangan sampai listrik mati, yang mengakibatkan proses LLF terhenti di tengah jalan.
  • Jangan lupa membuat cadangan data-data penting dalam hard disk.
  • Kalau punya UPS gunakan lah, biar tidak khawatir kalau-kalau nanti mati listrik :D
  • Jika setelah proses LLF ini hard disk tetap error, bisa dimungkin kan hard disk tersebut sudah cacat hardwarenya. Yang mana di akibatkan karena benturan atau goncangan kuat yang mengakibatkan patahnya komponen didalam hard disk.
  • Alternatif lain selain ini yaitu menggunakan Hiren Boot CD. Kalau ini bisa di cari di google :D

3 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar yang baik. Spam akan di hapus..