Resume 1








Penentuan harga, permintaan dan penawaran



 v  Penentuan harga suatu barang sangat mempengaruhi terhadap jumlah permintaan dari barang yang ditawarkan. Penentuan harga haruslah dapat memenuhi harga ekuilibrium (keseimbangan). Dimana Harga ekuilibrium itu  ialah harga yang terbentuk  pada titik pertemuannya kurva permintaan dan kurva penawaran. Harga suatu barang akan terbentuk bila ada kesepakatan antara penjual dengan pembeli yang mana akan menghasilkan keseimbangan kuantitas barang di pasar. Bila telah terciptanya keseimbangan ini maka patokan harga tersebut akan bertahan lama, sehingga Penjual pun akan tetap memasang harga tersebut dan permintaan barang oleh konsumen tetap stabil.

Tujuan penentuan harga :
1. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
2. Mempertahankan perusahaan.
3. Meraih ROI (Return on Investment).
4. Menguasai Pangsa Pasar
5. Mempertahankan status quo

 v  Dalam permintaan suatu barang tidak akan lepas pada hukum yang berlaku yaitu dimana harga suatu barang tersebut mahal maka permintaan pun menurun sedangkan jika harga barang tersebut kemurahan maka akan mencapai permintaan yang “maksimal” tetapi berdampak pada kecilnya kemungkinan mendapatkan laba. Dalam penyusunan data permintaan harus menggunakan kurva permintaan supaya memudahkan dalam menentukan kesimbangan antara kuantitas permintaan dengan harga yang ditawarkan. Adapun fungsi permintaan yang akan membantu dalam menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang di minta dengan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Ket:
·         Qd : Jumlah barang yang diminta
·         Pq  : harga barang itu sendiri
·         Ps.i : harga barang pengganti(subtitusi)
·         Y     : Pendapatan
·         S     : selera
·         D     : jumlah penduduk

 v  Penawaran memiliki hukum sebagai berikut : “Jika harga suatu barang tinggi maka penjual akan menjual barang lebih banyak sedangkan jika harga suatu barang rendah maka penjual akan menjual sedikit barang untuk menutupi kerugian yang ditanggung.” Tidak jauh beda dari permintaan, dalam penawaran pun memilik kurva tersendiri. Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga barang tertentu dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual. Kurva ini dibuat atas dasar data asli mengenai hubungan tingkat harga barang dan jumlah penawaran barang tersebut yang dinyatakan dalam daftar penawaran (tabel penawaran).
Fungsi penawaran :
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Ket :
Qs : jumlah barang yang ditawarkan
Pq : harga barang itu sendiri
Pl.i : harga barang-barang lain (i = 1,2, ….,n)
O : tujuan-tujuan perusahaan
T : tingkat teknologi yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar yang baik. Spam akan di hapus..