Resume 4



 


 


 

Struktur Pasar

 

  • Pasar : adanya proses jual beli yang terhadap suatu barang, jasa dan tenaga kerja yang dijual. Pasar tempat produsen bersaing dalam menjual barang, jasa yang mereka tawarkan, pasar juga merupakan tempat investasi yang menjanjikan. Jadi, pasar merupakan sumber perputaran duit yang terciptanya hubungan sosial antara penjual dan pembeli sehingga juga akan terciptanya perekonomian yang bagus di dalam suatu negara.
  • Struktur pasar merupakan karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar (Bain, 1952). Unsur-unsur pasar meliputi konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi.
  • Struktur pasar dibagi dalam 2 macam,yaitu:
  1. Pasar Persaingan Sempurna
    Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
    - Jumlah penjual dan pembeli banyak
    - Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
    - Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
    - Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
    - Posisi tawar konsumen kuat
    -Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
    - Sensitif terhadap perubahan harga
    - Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
  2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
    Pasar yang memiliki produsen yang lebih sedikit ketimbang Pasar Persaingan Sehat dan dengan banyak konsumen yang bervariatif, karena telah ditetapkan dalam undang-undang. Hal ini membuat persaingan tidak sehat karena sedikit nya produsen yang membuat konsumen hanya terpaku pada satu produsen saja, yang mana membuat hasrat membeli barang berkurang. Karena keinginan manusia yang tiada batasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar yang baik. Spam akan di hapus..