Tentang Sukhoi Superjet 100



 



 
Merupakan salah satu pesawat komersil yang di produksi oleh perusahaan Sukhoi yang berasal dari Rusia, pesawat tersebut nantinya akan bersaing dengan rival nya sekelas embraer E-Jets dari brazil, bombardier CRJ dari canada maupun Antonov An-148 dari Ukraina. Pesawat ini muncul menggantikan Tupolev Tu-134 dan Yakovlev Yak-42 yang mana merupakan pesawat peninggalan soviet yang sering mengalami kecelakaan mungkin karena teknologi waktu itu yang masih terbatas dari pada sekarang.


Pesawat ini sebenarnya sudah lama di produksi pada tahun 2007 kalau tidak salah, dan baru diperkenal kan pada 21 april 2011 oleh Armavia sebuah perusahaan maskapai penerbangan di armenia dan juga tidak ketinggalan Aeroflot sebuah maskapai penerbangan di Rusia. Dan setelah saya mencari data tentang pesawat ini di internet, pesawat ini satuannya berharga $23-25 juta. Wow sangat mahal.. tapi dibandingkan dengan embraer e-jets maupun bombardier crj, pesawat ini termasuk murah juga.
Sukhoi SuperJet 100 atau yang lebih enak disingkat SSj-100, memiliki kapasitas kursi paling banyak 103 (kalau ga salah). Memiliki berat 35ton sampai 45ton, sedikit lebih ringan dari Embraer e-jets. Kecepatan pesawat ini mencapai 0.81 mach/sama dengan 464knot hampir setara dengan rivalnya.



 
Atas kecelakaan SSJ-100 di Gunung salak, Jawa Barat. Saya pribadi mengucapkan bela sungkawa yang sebesar2nya terhadap keluarga korban yang masih cemas tentang keadaan sanak keluarga yang ikut di dalam JoyFlight yang diseleggarakan oleh PT Trimarga Rekatama.
Semoga dari kejadian ini kita bisa mngambil hikmahnya, bahwa segala sesuatu tidak bisa diukur oleh akal manusia saja.

1 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar yang baik. Spam akan di hapus..